LAPORAN REALISASI RENCANA AKSI KEUANGAN BERKELANJUTAN 2021
30 APRIL

LAPORAN REALISASI RENCANA AKSI KEUANGAN BERKELANJUTAN 2021

Selama beberapa dekade terakhir, bumi mengalami perubahan kondisi yang dikenal dengan istilah global warming atau pemanasan global, sehingga berdampak pada terganggunya pasokan bahan makanan dan air serta kerusakan ekosistem. Untuk menjaga kelangsungan hidup dan meminimalisir bencana alam, perlu dilakukan pembangunan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara aspek ekonomi, lingkungan hidup dan sosial. Sejalan dengan hal tersebut Otoritas Jasa Keuangan membuat sebuah inisiasi Aksi Keuangan Berkelanjutan yang tertuang dalam POJK Nomor 51/POJK.03/2017 sebagai bentuk dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh setiap perusahaan/emiten untuk mendorong perusahaan meningkatkan portofolio ‘hijau’ dalam proses bisnisnya. PT BCA Multi Finance merancang Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan daya saing, sehingga mampu tumbuh dan berkembang serta melakukan inovasi produk yang ramah lingkungan. Perusahaan membagi Realisasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan menjadi beberapa aspek, yaitu:

A. Aspek lingkungan hidup

Dalam rangka menjalankan Aksi Keuangan Berkelanjutan menjalankan beberapa aktivitas yang ramah lingkungan hidup dalam operasional keseharian Perusahaan, seperti praktek “green office” yang tercermin dari aktivitas-aktivitas di bawah ini:

1. Penggunaan energi, termasuk konsumsi listrik dan air

- Pengaktifan lampu pada pukul 08.30 – 12.00 dan 13.00 – selesai;
- Penggunaan sensor lampu pada toilet;
- Himbauan untuk mematikan daya monitor saat selesai jam kerja;
- Pembatasan penggunaan AC hanya pada saat jam kerja.
 Aktivitas yang disebutkan di atas dapat menghemat biaya sebesar Rp 349 juta pada tahun 2020.
  1. Penggunaan plastik dan kertas
- Himbauan bring your own tumbler saat rapat;
- Pembatasan penggunaan tisu;
- Penggunaan kertas bekas atau double sided;
- Implementasi e-sign dokumen untuk mengurangi penggunaan kertas.
Penggunaan kertas bekas dan implementasi e-sign terbukti mengurangi penggunaan kertas sebanyak 121 rim atau senilai Rp 3,6 juta. Dalam rangka menjalankan aspek lingkungan hidup, perusahaan melakukan sosialisasi dalam bentuk email dan sosialisasi terus dilakukan secara berkala untuk semakin meningkatkan kesadaran seluruh karyawan perusahaan

B. Aspek sosial

Pada awal tahun 2020 dunia dihadapkan pada suatu kondisi serius yakni pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh belahan dunia dan berdampak utama pada sektor kesehatan. Indonesia sendiri tidak luput dari dampak pandemi Covid-19. Pola hidup masyarakat mengalami perubahan mulai dari tidak diwajibkan menggunakan masker namun sekarang masker merupakan hal yang wajib dikenakan ketika beraktivitas. Melihat keadaan tersebut perusahaan terdorong untuk melakukan tindakan tanggung jawab sosial untuk masyarakat, sehingga pada 5 Juni 2020, perusahaan bersama-sama dengan PT Bank Central Asia,Tbk dan anak perusahaan BCA lainnya bekerjasama melalui Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) untuk melakukan kegiatan donasi masker medis dan alat rapid test sebanyak 925.000 masker medis dan 41.000 alat rapid test ke rumah sakit yang membutuhkan dalam menangani pasien mengingat situasi pandemi Covid-19 yang semakin meningkat.

 Dalam implementasi Aksi Keuangan Berkelanjutan, perusahaan menerapkan kebijakan untuk merespon tantangan dalam pemenuhan strategi keberlanjutan, antara lain:

  1. Nilai keberlanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan

Perusahaan dalam melakukan kegiatannya selalu mengikuti kebijakan pemerintah dengan tidak mengabaikan keselarasan antara aspek ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial. Selain itu perusahaan terus meningkatkan portofolio pembiayaan untuk produk yang ramah lingkungan. Perusahaan berupaya melakukan kerjasama dengan korporasi atau instansi yang membutuhkan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan seperti merk Gesits, Selis, dan lain-lain.

  1. Respons Lembaga Jasa Keuangan terhadap isu terkait penerapan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan

Perusahaan melaksanakan penerapan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan dalam bentuk:

- Terus mendukung dengan melakukan Green Office, membawa tumbler saat meeting, efisiensi penggunaan lampu, pemanfaatan kertas bekas, dan lainnya

- Perusahaan terus berupaya untuk bekerja sama dengan instansi yang membutuhkan pembiayaan ramah lingkungan, karena kondisi masyarakat Indonesia yang belum peduli terhadap kendaraan ramah lingkungan.


  1. Komitmen pimpinan Lembaga Jasa Keuangan dalam pencapaian penerapan Keuangan Berkelanjutan

Pimpinan Lembaga Jasa Keuangan bertindak sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan penerapan Keuangan Berkelanjutan dan senantiasa melakukan monitoring agar tujuan dari kegiatan tersebut bisa tercapai. Beberapa unit kerja yang berkaitan dengan kegiatan tersebut melakukan analisa dan memberikan pengarahan terhadap bawahannya mengenai implementasi program Keuangan Berkelanjutan. Perusahaan berupaya untuk mendukung pelaksanaan ekonomi berkelanjutan sesuai dengan arahan OJK.

  1. Pencapaian kinerja penerapan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan

Penerapan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan yang telah dilaksanakan oleh Perusahaan yaitu :

- Efisiensi jumlah penggunaan kertas selama 1 (satu) tahun sebesar 19 rim dari 90 rim menjadi 71 rim atau terjadi efisiensi biaya sebesar Rp 620.000,- dari Rp 2.755.000,- menjadi Rp 2.135.000,-.

- Pembiayaan motor listrik yang dimulai pada tahun 2020, bekerja sama dengan merk Gesits dan Selis. Hingga saat ini perusahaan terus berupaya meningkatkan pembiayaan produk yang ramah lingkungan.

  1. Tantangan pencapaian kinerja penerapan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan

Pada tahun 2020 penerapan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan mendapat tantangan dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, Perusahaan tetap melakukan kegiatannya dengan menjalankan berbagai penyesuaian serta penghematan seperti penerapan sistem jam kerja WFH dan WFO yang secara otomatis mengurangi penggunaan listrik, air dan penggunaan kertas di kantor.

 

PT BCA MULTIFINANCE

Gedung WTC Mangga Dua Lantai 6 Blok CL 001 
Jl. Mangga Dua Raya No. 8 Jakarta Utara 14430

(021) 2964 8200
www.bcamf.co.id
Temukan Kami