Indikasi Finansial Bermasalah
19 MARCH

Indikasi Finansial Bermasalah

Waduh baru gajian tapi kok tidak terasa sudah mau habis aja uangnya, mana tanggal gajian masih jauh lagi. Keadaan seperti ini emang bikin pusing ya Weps. Hati-hati kalau kamu sering merasa seperti ini bisa saja ini indikasi bahwa keuangan kamu tidak sehat. Terus apa lagi ciri-ciri keuangan yang tidak sehat? Yuk simak ciri-ciri dibawah ini!

 

Memiliki Angsuran Pinjaman Melebihi 30% dari Penghasilan

Kalau kamu memiliki penghasilan namun terasa cepat habis padahal uang yang kamu pakai untuk kebutuhan atau keinginan kamu tidak seberapa, mungkin angsuran yang terlalu besar adalah faktor penyebabnya. Contohnya, ketika kamu memiliki pinjaman kendaraan bermotor sebesar Rp1.000.000,00/bulan dan angsuran rumah tinggal sebesar Rp1.500.000,00/bulan. Namun penghasilan yang kamu miliki sebesar Rp4.000.000,00/bulan. Maka dapat dikatakan angsuran pinjaman kamu diatas 30%. Bayangkan apabila kamu memiliki angsuran pinjaman yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan kemampuan bayar, maka bisa-bisa kamu dikenakan sanksi yang dapat semakin memberatkan mu. Selain itu apabila angsuran pinjaman terlalu besar bagaimana kamu bisa menyisihkan penghasilan kamu untuk investasi, tabungan, simpanan atau bahkan dana darurat? Yuk diatur lagi catatan keuangannya Weps!

 

Memiliki Banyak Pinjaman untuk Barang yang Nilainya Menurun Setiap Waktu

Bukan menjadi masalah apabila kamu memiliki pinjaman untuk suatu barang, apa lagi barang tersebut adalah barang yang kamu idam-idamkan atau barang yang menjadi alat bantu untuk mata pencaharian. Namun yang menjadi masalah adalah apabila kamu memiliki banyak pinjaman untuk suatu barang yang nilainya terus menurun disetiap waktu dan bukan menjadi barang yang bisa membantu kamu mendapatkan uang.

 

Pengeluaran Tidak Seimbang dengan Pemasukan

Kalian pasti pernah mendengar pepatah “lebih besar pasak dari pada tiang”. Ketika pengeluaran kamu melebihi pemasukan bisa-bisa berujung kerugian untuk kamu loh. Pengeluaran haruslah kita kontrol jangan sampai berlebih dan membuat kita pusing. Apabila kamu ingin membeli barang yang kamu butuhkan seperti kendaraan bermotor untuk membantu kamu berkegiatan sehari-hari namun dana kamu belum cukup, maka kamu dapat membeli melalui Perusahaan multifinance dengan besaran angsuran disesuaikan tidak melebihi 30% pendapatan kamu tiap bulannya namun sebelumnya kamu tetap harus mempertimbangkan kondisi keuangan kamu pastinya sehingga pengeluaran tiap bulan mu tidak melebihi batas dari pemasukan. Mulai berhemat, melakukan catatan pengeluaran dan beberapa tips yang pernah kami bagikan sebelumnya pada artikel “Bijak dalam mengelola keuangan” bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya pengeluaran yang berlebih.

 

Tidak Memiliki Tabungan,Simpanan dan Investasi

Apakah kamu ingat di pembahasan sebelumnya kita sudah pernah membahas terkait apa itu Tabungan, Simpanan dan Investasi? Nah dari pembahasan tersebut kita tau betapa pentingnya Tabungan, Simpanan dan Investasi untuk keuangan lebih baik. Kamu belum baca? Kalau belum yuk dibaca artikel berjudul “Tabungan, Simpanan dan Investasi”  Weps!

 

Tidak Memiliki Dana Darurat

Sebagian orang pasti tidak memiliki dana darurat atau merasa dana darurat bukanlah suatu yang penting, padahal dana darurat itu sangat penting loh Weps. Bayangkan kalau suatu saat kalian memerlukan biaya khusus untuk kesehatan kalian atau biaya tidak terduga lainnya dan kalian hanya bisa mengandalkan tabungan atau simpanan kalian yang dimana seharusnya tabungan dan simpanan kalian itu dipergunakan untuk keperluan lainnya. Duh pasti bingung, nah jangan tunggu hal itu terjadi ya Weps, kalau kalian belum juga memiliki dana darurat mulai sekarang sisihkan beberapa dari penghasilan kamu untuk dialokasikan menjadi dana darurat ya Weps.

 

Apabila kalian merasa mengalami hal-hal di atas maka dapat dikatakan bahwa keuangan kamu tidak sehat Weeps. Kalian dapat segera memperbaiki dengan cara mulai mengatur keuangan dengan mulai menyisihkan penghasilan untuk tabungan, simpanan, investasi dan dana darurat, mengevaluasi keuangan dengan mengatur pengeluaran sekecil mungkin. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat membaca artikel “Bijak Dalam Mengelola Keuangan”  dan “Pengelolaan Keuangan”  di www.bcamf.co.id . Jangan tunggu sampai terjadi kerugian akibat finansial bermasalah, mulai sekarang yuk antisipasi sejak dini Weps.

PT BCA MULTIFINANCE

Gedung WTC Mangga Dua Lantai 6 Blok CL 001 
Jl. Mangga Dua Raya No. 8 Jakarta Utara 14430

(021) 2964 8200
www.bcamf.co.id
Temukan Kami